RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Rantepaolo
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ semester : VIII / Ganjil
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit
Standar Kompetensi : Menggunakan Perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi menu pada ikon pada perangkat lunak pengolah angka
1 Tujuan pembelajaran.
Peserta didik mampu:
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat
Mengamati lembar kerja program pengolah angka dengan menggunakan komputer yang sudah disediakan.
Mengidentifikasi bagian-bagian yang ada di lembar kerja program pengolah angka
Mengenal menu dan icon pada Quick access toolbar, Office button
Mampu menggunakan menu dan icon pada Quick access toolbar, Office button dan ribbon
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness)
2 Materi Pembelajaran
Cara menggunakan menu dan ikon
Cara menggunakan menu dan Ikon pada Quick access toolbar
Cara menggunakan menu dan Ikon pada Office button
Cara menggunakan menu dan Ikon pada ribbon home, insert, page layout, Formulas
3 Metode Pembelajaran
Pendekatan model CTL dan life skill
4 Langkah langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan ke-1 dan ke-2 (4 x 40 menit)
1.Kegiatan pendahuluan
apresiasi dan motivasi :
Mengingat kan kembali pembelajaran sebelumnya tentang nama cara mengaktifkan program aplikasi
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
Mendemonstrasikan cara mengidentifikasi dan menggunakan ikon Quick acsees toolbar yang terdapat di program pengolah angka
Mendemonstrasikan cara mengidentifikasi dan menggunakan menu pada office button yang terdapat pada program Microsoft Office Excel 2007
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
Mempraktekkan menggunakan menu dan ikon pada quick access toolbar dan office button microsoft excel 2007
Memaandu Peserta didik secara mandiri mengidentifikasi bagian program Ms. Office Excel 2007 yaitu Ribbon Home, Insert , PageLayout, Formulas, Data,Review dan View
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah di lakukan
Menarik kesimpulan tentang penggunaan menu dan ikon pada program pengolah angka
5 Sumber Belajar
Komputer, buku paket lembar kerja, mass media
6 Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran TIK
Drs. ELISABET KONDO,MM Ober Bukka, S.Kom
NIP 19670607 199203 2 011 NIP. 19761014 201001 1 007
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
Mendemonstrasikan cara mengidentifikasi dan menggunakan ikon Quick acsees toolbar yang terdapat di program pengolah angka
Mendemonstrasikan cara mengidentifikasi dan menggunakan menu pada office button yang terdapat pada program Microsoft Office Excel 2007
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
Mempraktekkan menggunakan menu dan ikon pada quick access toolbar dan office button microsoft excel 2007
Memaandu Peserta didik secara mandiri mengidentifikasi bagian program Ms. Office Excel 2007 yaitu Ribbon Home, Insert , PageLayout, Formulas, Data,Review dan View
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah di lakukan
Menarik kesimpulan tentang penggunaan menu dan ikon pada program pengolah angka
5 Sumber Belajar
Komputer, buku paket lembar kerja, mass media
6 Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran TIK
Drs. ELISABET KONDO,MM Ober Bukka, S.Kom
NIP 19670607 199203 2 011 NIP. 19761014 201001 1 007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar